Rabu, 05 Mei 2010

Ulasan Burung Pentet

Ulasan Burung Pentet

Dalam dasa warsa ini perkembanggan penghobi sangat antusias terutama pada hewan peliaharaan misalnya burung kicau. Semakin maraknya tingkat penghobi berakibat pada semakin melambungnya harga burung-burung dipasaran saya beranggapan hal semacan ini lumrah dikarenakan banyaknya individu berlomba-lomba mencari bakalan atau burung tangkapan yang memang memiliki prospek untuk dijadikan burung lomba.

Sebelum ke pemilihan bakalan maupun perawatan dalam merawat burung pentet sebelumnya membahas tentang jenis burung pentet. Burung pentet yang umum dipasarkan di pedagang burung yang sering saya jumpai adalah burung pentet dalam bahasa orang desa sih ada 2 jenis.
  • Burung pentet Bambu
Pada burung pentet bambu warna pada bagian kepala warna hitamnya kurang pekat begitujuga pada bagian warna sayap dan ekornya.
  • Burung pentet Jati
Sedangkan pada burung pentet jati warna pada bagian kepala warna hitamnya sangat pekat begitu juga pada bagian warna sayap dan ekornya.
Ada beberapa tip dalam memilih bakalan dan burung hasil tangkapan adalah:
  1. Pilihlah burung pentet yang cenderung kepalanya kotak.
  2. Bagian paruh usahakan yang tebal dan pada bagian bawah dan atas sama rata, begitujuga dengan lubanghidung usahakan dekat dengan mata.
  3. Postur tubuh memanjang.
  4. Pada bagian kaki pililah yang cengkramannya kuat.
  5. Pada bagian bagian tubuh tidak terdapat ciri fisik semisal sayap tidak seimbang antara sayap yang satu dengan sayap yang lain.
Pelatihan membuat burung pentet kita menjadi figter.

Pada dasarnya burung pentet adalah burung petarung jadi semua burung pentet yang jantan memiliki sifat tersebut.

Makanan Alaminya:
  • Belalang
  • Jangkrik
  • Ikan kecil
  • Burung Kecil. Misalnya burung pipit/peking
Pemasteran

Burung pentet adalah burung yang cerdas dalam menirukan suara burung disekitarnya jadi kalau memaster burung tidak harus memiliki burung yang akan dibuat master karena dilingkungan desa masih banyak burung yang bebas, tetapi lain lagi kalau dilingkup perkotaan. Bagi penghoby yang memiliki hambatan dalam pemasteran dengan keterbatasan membelikan burung master bisa menggunakan pemasteran melalui CD.

Daftar Koleksi Burung Kicau
Klik di sini untuk suara burung Cucak Jenggot

Klik di sini untuk suara burung Gereja

Klik di sini untuk suara burung Love Bird

Klik di sini untuk suara burung Cililin Coklat

Tidak ada komentar: